Dengan sistem pemilihan kepala daerah secara langsung telah mengubah pola hubungan antara kandidat dan pendukung, hubungannya bersifat langsung, serta fungsi mediasi partai menjadi tidak terlalu signifikan. Hal ini sesuai dengan perkembangan terakhir yang terjadi di tanah air, yaitu telah terjadi pertarungan antara popularitas figur kandidat politik dengan mesin politik, dan hasilnya cenderung lebih banyak ditentukan oleh popularitas figur kandidat politik.
Dalam era demikian diperlukan suatu kondisi yang mendukung seorang kandidat untuk mengetahui bagaimana posisi kandidat dimata para calon pemilih / masyarakat yang memiliki hak untuk memilih.
Parameter lembaga yang bergerak dibidang Riset Sosial Dan Konsultan Pemasaran Politik, hadir sejak 31 Mei 2006 untuk membantu calon kepala daerah-kepala daerah yang memiliki Visi dan juga Misi memajukan nilai-nilai demokrasi bagi masyarakat Indonesia.
- Visi : Menjadi konsultan Pemasaran Politik yang mempunyai komitmen untuk mendukung terjadinya Demokrasi, melalui pelayanan berbiaya sangat murah dan efektif.
- Misi : Melaksanakan demokrasi politik dengan membantu Calon pemimpin dan partai politik secara demokratis, dengan biaya sangat murah dan efektif melalui riset pasar politik, penyusunan strategi pemasaran politik serta pelatihan tim sukses (motivasi dan pengembangan tim)
- Tujuan Parameter : Pemasaran Politik membantu kandidat politik dan partai politik serta organisasi politik lainnya, dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi kampanye-kampanye pemasaran politik untuk MENCIPTAKAN SUATU KEPERCAYAAN. Melalui Riset Pasar Politik, Penyusunan Strategi Pemasaran Politik, dan Pelatihan serta Quick Count, PARAMETER menemukan METODE EFEKTIF untuk menentukan ANGGARAN YANG RENDAH dalam merancang program kampanye berdasarkan riset yang PASTI untuk memberikan Dampak Positif serta mendapatkan Kepercayaan dari Masyarakat Pemilih.